Masih pake MP3 Player? Kuno! sekarang jamannya smartphone

mp3 player sudah kuno

Sebagai perangkat yang seba bisa, smartphone berangsur-angrsur mulai menggeser posisi perangkat yang sebelumnya pernah eksis duluan, sebut saja telepon umum dan pemutar musik portable.

Seperti yang dikutip dari Merdeka.com, saat ini penjualan MP3 player di Inggris Raya telah mengalami penurunan. Hal ini dibuktikan dengan survei yang dilakukan oleh Mintel, sebuah perusahaan survei terkemuka. Berdasarkan data yang diperoleh Mintel, saat ini penjualan MP3 player menurun drastis sekitar 22 persen menjadi GBP 381 juta atau setara dengan Rp 5,9 triliun.

Jika hal ini terus berlanjut, diyakini produsen MP3 player tidak akan lagi mampu bersaing dengan smartphone dalam lima tahun ke depan. Mintel pun memperkirakan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut bakal mengalami penurunan penjualan hingga GBP 25 juta atau setara dengan 393 miliar.

Penurunan ini diyakini karena semakin maraknya smartphone yang muncul di pasaran saat ini. Dengan harga yang beragam dan fiturnya yang lebih, smartphone memang terbukti lebih baik dari MP3 player.

Nampaknya hal ini juga akan berlaku di seluruh dunia. Di Indonesia misalnya, banyaknya pilihan smartphone yang tersedia di pasaran membuat para produsen harus mampu bersaing agar tidak kehilangan pasar potensialnya di sini. Alhasil, harga pun dibuat seminimal mungkin agar banyak orang yang berminat.
Meski begitu, nampaknya tidak ada strategi khusus yang akan dilakukan Apple dengan iPod maupun Samsung dengan Galaxy Music nya untuk menghadapi fakta ini. Patut disimak apakah nantinya MP3 player dari kedua produsen ini masih dapat bertahan atau justru ikut terlindas oleh smartphone buatan Apple dan Samsung sendiri.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter